Akhir-akhir ini Air Asia gencar mengkampanyekan keamanan penerbangan.
Hmm... Indonesia emang lagi musim kecelakan transportasi uueewww.... Nah
kali ini saya mau mereview iklan Air Asia di majalah BusinessWeek Indonesia edisi 10-17 Januari 2007 halaman 21.
"Ketiban Cinta Berjuta Rasanya, Ketiban Bagasi Benjol Rasanya", jujur saya senyum-senyum sendiri membaca tuh iklan. Ada-ada saja nih tim kreatif biro iklanya Air Asia.
Diluar daya tarik judul iklan edisi kali ini, yang ingin saya soroti adalah cara Air Asia beriklan. Satu point penting yang patut saya beri acungan jempol adalah "nilai edukasinya". Jika kita perhatikan beberapa iklanya/kampanye-nya, kuat sekali unsur edukasinya, tentu saja edukasi soal keamanan penerbangan. Why? Saya sebagai salah satu pengguna jasa transportasi udara, jujur saja akhir-akhir ini merasa agak was-was bepergian dengan pesawat udara. Rasanya semakin hari maskapai semakin ngga bisa dipercaya.
Menurut saya kampanye Air Asia tentu saja untuk menepis hal tersebut, namun sisi positifnya hal tersebut tidak disampaikan secara vulgar (sorry minjam istilah). So jadinya tidak berkesan membela diri. Dan diluar semua itu, apapun yang ditargetkan oleh Air Asia, kampanye-nya menurut saya benar-benar memberikan wawasan baru khususnya di sektor transportasi udara. Andai iklan ini lebih meluas lagi, tidak hanya di media berpangsa pasar khusus, tapi ada baiknya sampai ke media kecil juga. Boros? Ya ngga papalah, anggap aja beramal mendidik anak bangsa.(muji,2007)
No comments:
Post a Comment